oleh

4 Pimpinan Definitif DPRD Makassar Dilantik

Prosesi pelantikan empat pimpinan definitif DPRD Kota Makassar oleh Ketua PN Makassar, Tito Suhud.(FOTO: ASRI SYAHRIL)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR –— Empat pimpinan definitif DPRD Makassar periode 2019-2024 resmi dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Makassar Tito Suhud, di Kantor DPRD Makassar, Jalan AP Pettarani, Makassar, Jumat (18/10/2019) pagi.

Berdasarkan SK Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Ketua DPRD Makassar dijabat Rudianto Lallo, dari Fraksi Nasdem, dan tiga wakil ketua: Adi Rasyid Ali (Demokrat), Andi Suhada Sappaile (PDIP), dan Andi Nurhaldin Halid (Golkar).

Rudi dalam sambutannya mengatakan DPRD sebagai bagian dari pemerintah harus mengambil bagian dari kemajuan kota, sesuai dengan fungsinya di bidang pengawasan, penganggaran, dan pembuat peraturan daerah.

“Alhamdulillah, tugas pimpinan sementara telah usai dengan terbentuknya pimpinan definitif, sehingga pimpinan segera mensahkan alat kelengkapan dewan (AKD),” ujar Rudi usai dilantik.

RL menambahkan, setelah paripurna AKD, dewan akan mensahkan tata tertib (tatib) DPRD yang telah diselesaikan oleh pansus tatib.

“Yang mensahkan adalah pimpinan definitif. Kami berharap agenda-agenda ini bisa tuntas secepatnya agar kita bisa bekerja,” jelasnya.

Kedepan Rudi berharap DPRD tidak hanya melaksanakan topuksinya sebagai pengawasan, penganggaran, pembentukan Perda tapi harus  menjadi fasilitator.

Hal senda ditegaskan Wakil Ketua DPRD, Adi Rasyid Ali. Ia  berharap secepatnya AKD bisa segera selesai, mengingat hal tersebut sudah terlalu lama semenjak anggota DPRD Makassar dilantik pada Senin (9/9/2019).

“Segera mengesahkan alat kelengkapan dewan dan menyelesaikan AKD. Karena ini sudah terlalu lama. Jadi kita mau tetapkan supaya cepat kerja,” ucap ARA sapaan akrabnya.

Selain AKD, ARA juga berharap Tatib juga menjadi fokus utama pimpinan DPRD Makassar yang tengah digodok oleh panitia khusus (Pansus) agar secepatnya disahkan.

(Andi/Riel)

News Feed