Unhas Terapkan Kuliah Online dan Tunda Wisuda Demi Cegah Virus Corona

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR —– Rektor Universitas Hasanuddin ( Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan  mengeluarkan Surat Edaran (SE) guna mencegah meluasnya penyebaran virus corona atau Covid-19.

Dalam SE Nomor 7522/UN4.1/PK.03.03/2/2020, perkuliahan tatap muka secara langsung ditiadakan mulai 16 – 28 Maret 2020 dan diganti dengan pembelajaran online, memanfaatkan media online.

Muat Lebih

Direktur Komunikasi Unhas Suharman Hamzah menyebutkan keputusan ini merupakan langkah antisipatif setelah menerima berbagai masukan dan melihat perkembangan yang terjadi.

“Badan Kesehatan Dunia telah menyatakan Covid-19 sebagai pandemi. Kita perlu mengambil langkah untuk mencegah penyebaran,” kata Suherman seperti dikutip Kompas.com, Ahad (15/3/2020).

Selain itu, poin surat edaran tersebut juga menyebutkan bahwa wisuda periode III yang bakal digelar pada 17-18 Maret 2020 mendatang juga ditunda.

Wisuda tersebut bakal diikuti 2.094 peserta dari jenjang S1-S3, profesi, dan spesialis. Unhas belum menentukan jadwal ulang untuk pelaksanaan wisuda selanjutnya.

“Keputusan penundaan wisuda ini cukup berat, namun kami perlu memikirkan kepentingan yang lebih besar,” ucap Suharman.

Selain itu, kegiatan praktik laboratorium, praktik di industri, serta di institusi juga bakal dilakukan dengan metode tanpa pertemuan langsung. Pihak kampus berencana meniadakan untuk sementara waktu dan dijadwalkan ulang.

Unhas juga meniadakan seluruh aktivitas dan kegiatan yang memungkinkan terjadinya kerumunan orang. Kemudian, pihak kampus menyarankan para pimpinan fakultas dan dosen untuk tidak melakukan perjalanan yang dianggap tidak perlu.

Sumber : Kompas.com

Pos terkait