Pemkot Makassar Siapkan 10 Ribu Tambahan Alat Rapid Test

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar tengah menggenjot pemeriksaan kepada masyarakat yang tergolong Orang Dalam Pemantauan (ODP) Corona atau Covid-19 melalui pemeriksaan rapid test di seluruh Puskesmas di kota Makassar.

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya pencegahan kepada semua masyakarat.

Bacaan Lainnya

“Saat ini kami siapkan 10 ribu rapid test untuk pemeriksa masyarakat kota Makassar. Dengan target utama selain tenaga kesehatan, juga keluarga-keluarga orang-orang yang berhubungan dengan pasien yang positif atau berhubungan dengan PDP,” ujar Iqbal saat ditemui di Puskesmas Andi Makkasau, Kamis (23/04/202).

Adapun sasaran utama rapid test diprioritaskan bagi mereka yang telah masuk dalam kategori status ODP.

Selain itu, turut diperiksa pula para tenaga medis serta masyarakat yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif Corona ataupun Pasien dalam Pengawasan (PDP).

Kata Iqbal, pemeriksaan tersebut ditargetkan segera rampung  Jum’at (24/04/2020).

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Pemkot Makassar akan menambah alat rapid test. Sebelumnya sudah disiapman 7000 alat. Selanjutnya akan ditambah lagi 10 ribu.

Alasan ingin merampungkan pemeriksaan lantaran tekah memasuki  bulan Ramadan. Iqbal menganggap masyakarat merasa khawatir jika diambil sampel darahnya.

“Sebenarnya kita ingin optimalkan hari ini (tapi) bisa saja (sampai) besok. Cuma  saat Ramadan biasanya orang tidak mau ambil darah. Karena ini kan diambil darahnya. Tapi besok kita bisa lanjut. Tapi kenapa kita optimalkan hari ini, karena besok itu Ramadan pasti banyak yang ragu ambil darah,” lanjutnya.

Terkait hasil pemeriksaan, mantan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sulawesi Selatan ini mengaku, jika pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk mengeluarkan hasil tesnya di hari itu juga.

“Kayaknya bisa hari ini keluar, tidak lama. Atau paling lambat besok,” bebernya. (andi/riel)

Pos terkait