Posisi Hilal di Makassar Minus 4 Derajat di Bawah Ufuk

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Kementerian Agama RI menggelar Sidang Isbat untuk menentukan 1 Syawal 1441 H sebagai waktu pelaksanaan Idul Fitri yang digelar sore ini Jumat 22 Mei di Kemenag RI Pusat Jakarta.

Namun sebelum sidang Isbat berlangsung, sebanyak 80 titik lokasi Rukyatul Hilal di seluruh Indonesia terlebih dahulu melaksanakan rukyatul hilal di daerahnya masing-masing.

Tak terkecuali di Provinsi Sulawesi Selatan yang lokasi pemantauannya dipusatkan di Rooftop Mall GTC Tanjung Bunga, Makassar, meski dengan peserta yang terbatas, dan seremoni acaranya dilakukan secara daring/virtual melalui aplikasi zoom.

Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Anwar Abubakar menyampaikan bahwa petang ini tim Hisab Rukyat Provinsi Sulsel melaksanakan Rukyatul Hilal tepatnya dimulai pada pukul 17.00 WIB.

Anwar Abubakar menyebut bahwa kegiatan itu tetap dilakukan tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan lantaran masih adanya pandemi Covid-19. Termasuk pembatasan jumlah peserta yang ikut.

“Seluruh peserta akan dicek suhu tubuhnya, menggunakan masker, dan tentu saja tetap dengan physical distancing, termasuk alat yang digunakan wajib dibersihkan dengan disinfektan dan para petugas juga harus memakai hand sanitizer.” jelasnya lagi.

Untuk situasi Hilal di Kota Makassar kata Anwar, hasil pemantauan Tim BHR di Mall GTC menemukan Posisi Hilal masih berada di bawah ufuk, tepatnya 4 derajat di bawah ufuk.

“Pihak BMKG memperkirakan besok (Sabtu, 23 Mei 2020) Posisi Hilal baru bisa naik ke posisi diatas 6 derajat,” bebernya.

Sehingga, menurut kakanwil Kemenag Sulsel, hasil pemantauan di Makassar Sulsel ini dikirim ke Kemenag Pusat.

“Kita tinggal tunggu keputusan resminya dengan menunggu hasil sidang isbath di Kemenag Pusat malam ini,” pungkasnya.

red: gun

Pos terkait

https://infosulsel.com/wp-content/uploads/2020/03/WhatsApp-Image-2020-03-26-at-22.10.45.jpeg

Tinggalkan Balasan