ARA : Fraksi Demokrat Dorong Gaji Pegawai Kontrak Pemkot Makassar Dinaikan Rp 2 Juta

Adi Rasyid Ali saat menerima calon walikota dan wakil walikota Makassar yang diusung Parai Demokrat, pasangan Munafri Arifuddin dan Rahman bando.(FOTO: SRI SYAHRIL)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR –— Minimnya gaji pegawai kontrak atau honorer di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar membuat miris Adi Rasyid Ali. Wakil Ketua DPRD Kota Makassar ini menilai gaji yang hanya Rp 1,5 juta perbulan itu sangat kecil dan tidak cukup untuk menutupi biaya hidup selama sebulan.

‘’Belum lagi ada pemotongan Rp 200 ribu.  Jadi hanya tersisa Rp 1,3 juta. Bagaimana orang mau menutupi biaya hidup dengan nilai sebegitu di jaman sekarang ini,” cetus Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Makassar ini saat ditemui di Warung Kopi (Warkop) Dapur Ali di Jl. Urip Sumihardjo, Makassar, Jumat (18/9/2020).

Bacaan Lainnya

Menurut ARA, sapaan legislator tiga periode ini ia akan mendorong agar tenaga kontrak dinaikkan honornya.

‘’Melalaui Fraksi Partai Demokrat, kami akan meminta pemkot Makassar untuk menaikan gaji honorer yang tadinya hanya Rp 1,5 juta menjadi Rp 2 juta. Fraksi Demokrat akan memperjuangkan dan mengawal itu. Ini persoalan kemanusiaan. Kita jangin main-main,”  tegas ARA yang juga menjabat sebagai Koordiantor Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Makassar.

ARA menyebut justeru selama ini para tenaga kontrak yang bekerja full time. Bahkan kadang hampir semua pekerjaan PNS dikerjakan oleh tenaga kontrak. Di sisi lain banyak pula ASN yang ongkang-ongkang kaki. Sekadar masuk, absen lalu keluyuran.

‘’Maka wajarlah kalau Pemkot Makassar memperhatikan tenaga kontrak.  Gaji mereka sangat tidak layak. Apalagi di masa  pandemi Covid-19 ini. Saya kira kesejahteraan mereka wajib diperhatikan,” ujarnya.

Untuk diketahui gaji honorer di lingkup Pemkot Makassar hanya Rp 1,5  juta perbulan. Namun yang diterima sisa Rp 1,3 juta. Ada pemotongan Rp 200 ribu. Masing-masing  untuk tunjangan hari tua Rp 150 ribu dan pemotongan BPJS Kesehatan 1 persen dari gaji atau Rp 50 ribu.

Pos terkait