Dilelang Rp 1,3 Miliar, Stadion Mattoanging Segera Dibongkar

  • Whatsapp
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat mengunjungi Stadion Mattoangin pada tanggal 5 Juli 2019.(FOTO: SRI SYAHRIL)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Stadion Mattoanging Makassar akan segera dibongkar dalam waktu dekat. Pengerjaan proyek stadion yang pernah jadi ajang PON IV, 27 September 6 Oktober 1957 ini akan dikerjakan oleh perusahaan asal Semarang.

Dalam proses lelang yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, stadion berkapasitas 15.000 penonton ini dilelang senilai Rp 1,3 miliar, naik Rp 0,1 miliar dari harga awal yang ditawarkan Rp 1,2 miliar.

Muat Lebih

Kepala Bidang Aset BKAD Sulsel, Murniati mengatakan dalam waktu dekat ini proses pembongkaran markas klub sepakbola PSM Makassar tersebut bakal segera dimulai.

“Perusahaan dari Semarang itulah yang akan melakukan proses pembongkaran dalam waktu dekat,” kata Murniati, Kamis (15/10/2020).

Pihak Pemprov Sulsel, lanjutnya, berharap pembongkaran bisa diselesaikan dalam kurun waktu dua bulan. Sebab, proses rehabilitasi menuju stadion berstandar FIFA tersebut sedang digenjot, sesuai permintaan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

“Kami sudah minta pemenang lelang segera melakukan persiapan pembongkaran, termasuk membayar hasil lelang ke Pemprov Sulsel sesuai ketentuan,” bebernya.

Untuk mewujudkan proyek pembangunan infrastruktur di Sulsel, Nurdin Abdullah telah melakukan penandatanganan perjanjian pinjaman daerah dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), pada Rabu (14/10/2020) kemarin.

Perjanjian pinjaman tersebut akan dialokasikan ke berbagai sektor. Di antaranya, dokumen perencanaan pembangunan gedung RS, DED, amdal, amdalalin, dan konstruksi Stadion Mattoanging.

Hal tersebut juga disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bappelitbangda Sulsel, Junaedi. Meski begitu, khusus untuk anggaran konstruksi bangunan baru Stadion Mattoanging baru akan dikucurkan pada tahun 2021.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel telah berencana melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) untuk selanjutnya dilakukan pembongkaran. Setelah pembongkaran selesai, proses rehabilitasi akan terus berjalan dalam dua tahun anggaran. (lang/riel)

Pos terkait