Polrestabes Makassar Gelar Operasi Zebra Selama Dua Pekan, Ini Lokasinya

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Makassar menggelar Operasi Zebra 2020 yang dijadwalkan selama dua pekan ke depan, 26 Oktober hingga 8 November mendatang.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Fatur Rahman mengatakan Operasi Zebra kali ini masih menggunakan sistem stasioner dan hunting, serta mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Muat Lebih

“Sebanyak 90 personel Satlantas Polrestabes Makassar diturunkan, serta melibatkan Polsek dan jajaran. Lokasi yang jelas sangat selektif, tidak akan menimbulkan kemacetan, seperti Anjungan atau jalan Metro Tanjung Bunga, Jalan Hertasning dan lain-lain,” kata AKBP Fatur, dihubungi Infosulsel.com, Selasa (27/10/2020).

Sasaran Operasi Zebra 2020 yakni pengendara yang tidak menggunakan helm SNI, menggunakan HP saat berkendara, melawan arus, serta kelengkapan surat-surat.

“Pengemudi roda empat atau lebih wajib menggunakan sabuk keselamatan, anak di bawah umur dilarang berkendara dan juga kendaraan yang kelebihan muatan, serta pelanggaran stop line,” tambahnya.

Operasi Zebra ini digelar serentak di Indonesia, termasuk di wilayah hukum Polda Sulsel. Aparat akan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dalam Operasi Zebra 2020. Penegakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas merupakan opsi terakhir.

Penindakan hukum terhadap pelanggar akan difokuskan kepada pengendara yang membahayakan keselamatannya dan orang lain, guna menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Sementara itu, Kepala Bagian Operasional Satlantas Polrestabes Makassar, AKP Emy Hartanti mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Makassar dalam setiap berkendara agar selalu membawa kelengkapan surat-surat kendaraan dan selalu mengedepankan keselamatan di jalan raya.

“Berkendaraan yang harus diperhatikan adalah keselamatan diri sendiri maupun pengendara lainnya,” imbau Emy. (ani)

Pos terkait