Basarnas Sulsel Gelar Pelatihan Potensi SAR di Permukaan Air

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Sulawesi Selatan (Sulsel) melaksanakan pelatihan potensi SAR di permukaan air. Berlangsung mulai hari ini, Senin (22-25/3/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di dua tempat yakni, di Wisma Safa jalan Asrama Haji untuk penerimaan materi, sementara 2 hari ke depan di Pantai Villa Biru Kota Makassar untuk praktek rescue.

Muat Lebih

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengapresiasi pelatihan tersebut. Menurutnya, langkah ini selaras dengan program yang dicanangkan pemerintah kota dalam mempersiapkan 10.000 relawan SAR.

“Pelatihan potensi SAR ini sangat membantu program pemerintah kota Makassar dalam menyiapkan 10 ribu detektor,” ujar Danny usai membuka pelatihan tersebut.

Kedua, lanjut Danny dalam mempersiapkan 10.000 relawan, potensi SAR akan dididik untuk kemampuan SAR. Sehingga Basarnas tidak kekurangan orang jika ada hal hal yang terjadi bencana alam di Sulawesi selatan.

“Bahkan Indonesia jika membutuhkan, kita ada 10 ribu relawan SAR yang kita siapkan pelatihanya nanti,” lanjut Danny.

Tak lupa Danny mengatakan sinergi Basarnas dengan Pemkot Makassar sangat penting untuk memastikan keadaan negara dalam menangani bencana.

“Kehadiran potensi SAR memperlihatkan bahwa pemuda di Indonesia selalu ada untuk melakukan pertolongan kemanusiaan,” sambut Danny.

Sementara, Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Djunaidi mengatakan, pelatihan ini bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan potensi serta membantu pelaksanaan operasi SAR, khususnya di permukaan air.

“Karena tenaga kita sebenarnya yang biasa banyak membantu itu adalah potensi SAR, seperti mashasiswa, TNI, Polri dan masyarakat yang ada. Oleh karenanya, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara-cara melaksanakan pertolongan pada saat terjadi kecelakaan,” papar Djunaidi saat ditemui di Wisma Safa, jalan Asrama Haji, Senin (22/3/2021).

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan tersebut berasal dari berbagi organisasi, potensi dan instansi.

“Totalnya adalah 50 orang dan kami akan usahakan pelatihan hingga 200 orang rata-rata dari masyarkaat pesisir dan potensi SAR, TNI dan Polri,” jelasnya. (andi)

Peserta Pelatihan Potensi SAR (FOTO: SUHANDI)

Pos terkait