Demi Mengejar Target PON, PBSI Sulsel Pulangkan Tiga Atletnya Ikut Pelatda di Makassar

  • Whatsapp
Virni Putri yang berlatih di klub Berkat Abadi Tangerang salah sau andalan Sulsel di PON XX Papua.(DOK PBSI)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR —– Pengurus Provinsi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sulawesi Selatan memulangkan atletnya  yang tengah berlatih di dua klub papan atas di Pulau Jawa. Mereka kembali ke Makassar agar fokus menjalani Pelatda jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Sekretaris Umum PBSI Sulsel Atmam Amir mengatakan ada beberapa atlet PON Sulsel yang selama ini bergabung di dua klub di pulau Jawa. Masing-masing di PB Djarum dan  Berkat Abadi Tangerang.

Bacaan Lainnya

“Askar dan Sofi berlatih di PB Djarum. Mereka  sudah bergabung dengan atlet lainnya di Makassar. Sementara Virni Putri di klub Berkat Abadi Tangerang juga akan bergabung pada 5 September,” jelas Atman.

PBSI Sulsel membutuhkan tenaga  para atletnya itu  agar bisa memadukan sekaligus menjaga kekompakan tim sebelum berlaga di PON 2021 yang akan berlangsung 2 sampai 15 Oktober. Menurut Atman, ada beberapa atlet yang dipersiapkan di nomor ganda,  baik ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

PBSI Sulsel berharap waktu kurang lebih sebulan ini, bisa dimanfaatkan untuk memadukan kombinasi ganda agar peluang meraih hasil maksimal di ajang olahraga multievent tersebut bisa dicapai.

“Kita sudah menyurat ke klub masing-masing, agar atlet kami bisa diizinkan pulang untuk memperkuat Sulsel di PON. Alhamdulillah, pihak klub tidak keberatan melepas mereka untuk menjalani Pemusatan Latihan Daerah,” jelasnya.

Pada PON XX Papua, PBSI Sulsel tidak mematok target tinggi. Menembus babak semifinal sekaligus merebut medali perunggu jadi target mereka. ‘’Kami optimis bisa lolos sampai semifinal,” katanya.

Menurut Atmam Amir, dengan komposisi atlet yang lebih berpengalaman di bandingkan PON 2016 di Jawa Barat, diharapkan bisa mengangkat peluang Sulsel di PON kali ini.

“Pada PON XIX Jabar Sulsel harus puas di posisi 8 besar. Untuk PON kali ini, kami optimistis bisa melangkah lebih jauh hingga semifinal,” ujarnya.

Atman mengaku atlet binannya saat ini lebih menjanjikan. Sebab beberapa di antaranya punya pengalaman mengikuti Pelatnas dan berlatih di klub besar seperti PB Djarum.

Tim bulu tangkis Sulsel akan diperkuat enam atlet pada PON 2021.  Dari enam atlet itu, tiga di antaranya merupakan binaan klub papan atas. Mereka adalah  Askar dan Sofi di PB Djarum serta Virni Putri dari Berkat Abadi Tangerang.

“Pengalaman berlatih di klub besar serta di pelatnas, tentu menjadi modal untuk menjaga persaingan khususnya menghadapi wakil dari pulau Jawa,” ujarnya.

Tim Sulsel yang terdiri dari tiga putra dan putri ini akan tampil di lima kategori, yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.(riel)

Pos terkait