oleh

Waspada! Cuaca Ekstrim Akan Melanda Sulsel

-NEWS-31 views

INFOSULSEL.COM,MAKASSAR- Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meieorologi, Klimaiologi dan Geofisika merIlis hasil parkiraaan cuaca di Indonesia mulai 18 hingga 20 Oktober 2017 mendatang terkait dengan adanya perubahan cuaca yang cukup ekstrim.

Salah satu wilayah yang yang akan terkenda cuaca buruk itu antara lain Sulawesi Selatan (Sulsel) dan sekitarnya.

Hal tersebut dikarenakan adanya massa udara basah lapisan rendah lerkonsemrasi di wilayah Sumatera Utara, Bengkulu, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Tengah. Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, Kalimaman Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara,Papua Barat dan Papua.

Ini juga menyebabkan proses konveksi dalam skala lokal juga turut mendukung penumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia. Dan terdapat Siklon Tropis LAN 970 hPa Max wind 65 kts di Samuderd Pasiflk Timur Philipina, Sirkulasi Siklonik di Laul Cina Selatan Barat Philipina (level 925/700) dan Utam Australia (level 925) .

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah IV, Daryatno mengatakan, dengan hasil parkirawan cuaca kali ini merupakan hasil yang telah ditetapkan dari pusat dan kemungkinan akan melanda Sulsel. Dimana hujan lebat dan angin kencang dalam waktu dekat ini.

“Baru saja direleas dari pusat, datanya seperti itu. Bisa saha berubah akan tetapi tergantung dengan perkembangan cuacanya bagaimana,”kata Daryatno.

Ia melanjutkan, sejauh ini belokan angin lerdapat di wilayah Sumalera Selatan, Lampung, Kalimanlan Baral bagian Selaian. Kalimaman Selaian, Sulawesi Tengah dan Barat. Kondisi lersebut dapat meningkatkan polensi penumbuhan awan hujan di wilayah sekitarnya.

 

Penulis : Wawan

Editor : Anwar

News Feed