Suka Gelap-Gelapan? Selamat, Anda Dapatkan Manfaat Ini

  • Whatsapp
ILUSTRASI

INFOSULSEL.COM, – Gelap-gelapan dalam dunia medis juga ternyata memiliki cukup banyak manfaat. Bagi kamu yang suka dengan gelap-gelapan, selamat.

Meski kamu tidak menyadari, namun gelap-gelapan saat tidur ternyata banyak memberikan efek positif.

Bacaan Lainnya

Dalam berbagai sumber yang dirangkum infosulsel.com, Senin (24/2/2020), setidaknya terdapat 6 manfaat ketika tidur mematikan lampu alias gelap-gelapan.

1. Menjaga kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit.

Dalam tubuh, salah satu hormon yang bisa menjaga dari serangan berbagai macam penyakit adalah hormon melatonin. Hormon ini ternyata hanya akan berproduksi saat tidur dalam keadaan gelap tanpa cahaya lampu. Nah agar membantu metabolisme hormon ini berproduksi, tidak ada salahnya kita tidur gelap-gelapan tanpa cahaya lampu bukan?

2. Membantu menstabilkan emosi

Memadamkan lampu dan tidur gelap-gelapan ternyata mampu mengontrol dan menstabilkan emosi ketimbang tidur dengan menggunakan cahaya lampu. Tidak ada yang memungkiri emosi itu sangat sulit diusir, apalagi saat teman, adik, atau pacar memancing darah sampai naik pitam. Nah solusinya tentu selain mandi, wudhu dalam islam, mematikan lampu saat ingin tidur juga menjadi alternatif untuk menstabilkan emosi.

3. Mengurangi obesitas

Katanya salah satu manfaat tidur tanpa cahaya lampu itu bisa mengatasi masalah kelebihan berat badan atau obesitas. Bagi yang berat badannya berlebih, daripada menyiksa lambung dengan diet rutin, mending mentaktisinya dengan cara yang lebih mudah.

4. Membantu para insomnia-isme agar mudah dan cepat tidur

Kesulitan tidur atau insomnia sist and bro? Jangan buru-buru minum obat yah! Coba biasakan memadamkan lampu yuk saat ingin tidur. Biasanya insomnia bakal kalah ketika niat ingin tidur lebih besar, apalagi niat ini ditambah dengan memadamkan lampu.

5. Hemat listrik

Rentang waktu tidur di malam hari yang normal seperti direkomendasikan para ahli dan dokter adalah 8 sampai 10 jam. nah bayangkan berapa energi listrik yang dibuang percuma saat kita tidur dalam rentang waktu tersebut?Meskipun dalam hal ini biaya listrik untuk satu bohlam tidak menguras banyak duit, tapi dengan menyalakan lampu saat tidur justru tindakan yang kurang bijak.

Apalagi dengan hemat energi seperti itu juga merupakan sebuah bentuk sumbangsih kita selaku masyarakat untuk negara dan pemerintah agar kuota energi tercukupi dan tidak menguras anggaran negara dan daerah kita.

6. Meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas

Imajinatif dan kreatif, kemampuan ini jelas menjadi tuntutan kerja. Bagaimana tidak daya cipta dan inovasi lahir dari kemampuan manusia manusia yang memiliki imaji yang tinggi, nah salah satu hal yang bisa membuat imaji menjadi optimal adalah tidur dalam gelap, tak jarang mereka yang tidur dalam keadaan gelap rata-rata punya imaji tinggi, salah satunya adalah Einstein.

Itulah daftar sederet manfaat gelap-gelapan. Bagi kamu yang belum pernah gelap-gelapan, aktivitas saat tidur ini sangat rekomended untuk dicoba.

(gun)

Pos terkait