Sambut Maba, Kajur IKom UINAM: Jangan Malas Agar Selesai Tepat Waktu

Ketua Jurusan IKom UINAM, Dr. Asni Djamereng

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Jurusan Ilmu Komunikasi (IKom) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) tengah siap menyambut sebanyak 106 mahasiswa baru tahun akademik 2020.

Melalui Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang berlangsung selama tiga hari 28-30 September 2020, mahasiswa jurusan IKom UINAM diharapkan dapat mengenal sistem akademik dan pembelajaran, serta lembaga yang memiliki ciri dan cara khusus dalam pengelolaannya di lingkup kampus.

Bacaan Lainnya

Ketua Jurusan IKom UINAM, Dr. Asni Djamereng mengungkpkan bahwa kegiatan PBAK berlangsung selama tiga hari, untuk per harinya memiliki tingakatan masing-masing.

“PBAK hari pertama adalah tingkat universitas yang melibatkan seluruh mahasiswa baru dari semua jurusan yang ada di UIN. Hari kedua di tingkat fakultas, dan selanjutnya di tingkat jurusan,” ungkap Asni kepada wartawan, Selasa (29/9).

Asni mengatakan, pada PBAK di tingkatan jurusan nanti, khususnya di jurusan IKom, mahasiswa akan diarahkan untuk bisa selesai atau diwisuda tepat waktu dengan tidak bermalas-malasan masuk kampus.

“Kita mau tekankan kuliahnya, menekan kemalasan mahasiswa supaya tidak ada lagi yang D.O (Drop Out) karena malas,” jelasnya menyambung beberapa kasus mahasiswa yang malas masuk kampus banyak berakhir D.O.

Menurut Asni, PBAK menjadi media birokrasi untuk memotivasi mahasiswa baru untuk memiliki pengetahuan dan membentuk perilaku seorang mahasiswa.

“Karena itu kita motivasi lewat PBAK. Selain dari pada nantinya akan ada penasehat akademik yang akan senantiasa menasehati para mahasiswa,” jelasnya.

Setelah PBAK, sebagaimana kalender akademik UINAM. Perkuliahan perdana akan dimulai pada tanggal 1 Oktober 2020 nanti. Perkuliahan akan tetap berlangsung daring selama masa pandemi Covid-19. (rs)

Pos terkait