Ratusan Atlet Sulsel Persiapan PON Papua Kembali Jalani Test Fisik dan Psikotest

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR —– Sebanyak 93 atlet, 17 pelatih, 4 asisten pelatih, dan 4 mekanik dari 12 cabang olah raga persiapan menghadapi PON XX Papua kembali menjalani sejumlah test. Di antaranya test  fisik, kesehatan dan psikologi di kantor KONI Sulsel, Jl.Sultan Hasanuddin No. 42 Kota Makassar.

Syamsuddin Umar yang didaulat sebagai ketua panitia menjelaskan test bagi kontingen Sulsel kali ini akan berlangsung selama tiga hari, Selasa-Kamis 9-11/3/2021).  ”Tujuannya untuk mempersiapkan atlet berkualitas menghadapi PON Papua pada Oktober tahun 2021,” tegas mantan pelatih PSM dan Timnas Indonesia ini yang juga menjabat sebagai Wakil Bimpres KONI Sulsel kepada wartawan Selasa (9/3/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut Syam, sapaannya test fisik kali ini berbeda dengan test Desember tahun lalu. Kali ini lebih kompleks dan dominan sesuai dengan karakter fisik cabang olahraga.

”Tujuannya untuk melatih koordinasi, keseimbangan, keterampilan, kekuatan, kelenturan, dan kecepatan maupun kemampuan atlet dalam menerima rangsangan panca indera. Selain test fisik, atlet, pelatih dan mekanik juga menjalani psikologi test di tahapan ujian. Tim pengujinya psikilog professional dari UNM,” jelas Syam.

Atlet mulai berdatangan sekitar pukul 08.00 pagi. Test dilakukan tetap menjalani protokol kesehatan covid-19 secara ketat. Panitia juga membagikan masker bagi peserta. Selain itu panitia juga mengatur proses jalannya test percabang olahraga dengan tetap menjaga jarak.

Cabor anggar mendapat kesempatan pertama, menjalani indeks bahasa tubuh seperti pengukuran suhu tubuh, mengukur tekanan darah dan tinggi badan. Lalu lanjut test kebugaran dengan mengukur detak jantung dan nadi menggunakan EKG (elektrokardiogram). Tes ini gunanya untuk mengukur dan merekam aktivitas jantung menggunakan mesin pendeteksi impuls listrik.

Test yang berlangsung di ruangan kesehatan ini diakhiri dengan pemeriksaan deformitas yakni mengukur kemampuan tubuh organ vital pada lengan, siku, paha, lutut dan tungkai kaki.

 

Pos terkait