Polda Sulsel Paparkan Kinerjanya Selama Tahun 2018, Ini Hasilnya

InfoSulsel.com, Makassar – Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel) menggelar rilis akhir tahun yang dipimpin oleh Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) Polda Sulsel, Kombes Pol Robert Haryanto, didampingi Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani di Aula Markas Kepolisian Resor Kota Besar (Mapolrestabes) Makassar, Sabtu (29/12/2018) sekitar pukul 09.00 WITA.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengungkapkan beberapa catatan sepanjang tahun 2018, mulai dari bidang pembinaan sampai bidang operasional.

Bacaan Lainnya

Teruntuk di bidang pembinaan, Polda Sulsel sendiri akan direncanakan mengenai peningkatan status 3 Kepolisian Resor (Polres) menjadi Polrestabes yaitu Polres Parepare, Polres Bone, dan Polres Palopo.

Selain itu, juga dicanangkan berbagai inovasi pelayanan untuk memudahkan masyarakat telah dilakukan, dari sistem pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) online, pembayaran pajak kendaraan secara online, dan yang terbaru adalah tilang elektronik di Kota Makassar.

Lebih lanjut, Kabid Humas menjelaskan, jumlah penanganan perkara menurun di tahun 2018.

“Di tahun 2017 jumlah kasus sebanyak 26.770, sedangkan di tahun 2018 berjumlah 26.364 atau menurun sebanyak 1.52%,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk penanganan kasus narkoba, Polda Sulsel berhasil mengungkap 1.601 kasus di 2018, dan mengalami peningkatan dibanding tahun 2017 yang hanya berjumlah 1.586 kasus.

“Tahun ini jumlah bandar narkoba yang berhasil dibekuk sebanyak 80 orang, naik signifikan dibanding tahun 2017 yang hanya berjumlah 22 tersangka. Sedangkan untuk barang bukti yaitu narkotika jenis sabu berhasil diamankan sebanyak 32 kg, meningkat 12 kg dari tangkapan tahun sebelumnya yang berjumlah 20 kg,” papar perwira Polda Sulsel ini.

Terlepas dari hal di atas, Dicky juga menuturkan, disela-sela kesibukannya menjalankan tugas, Polda Sulsel menyempatkan untuk melakukan berbagai kegiatan empati kepada korban bencana alam.

“Seperti gempa bumi di NTB, berbagi sembako serta uang tunai senilai 1,5 milyar. Sedangkan bencana alam di Palu, Sigi, dan Donggala Polda Sulsel menyalurkan bantuan uang tunai senilai 1,7 milyar,” ucap Kabid Humas.

Diakhir konferensinya, Kombes Pol Robert Haryanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut serta membantu kerja-kerja kepolisian.

Penulis: Rhenno | Editor: Adriyan

Pos terkait